Ngapaen Harus Berbohong untuk Berpromosi..??

Jujur, Terkadang saya bingung dengan keadaan yang terjadi di dunia usaha ini.

Banyak Perusahaan atau pun Lembaga yang berbau ‘bisnis’ yang menghalalkan segala cara untuk menarik minat konsumen.

Salah satunya dengan berbohong.

Bohongnya seperti apa..?

Yaitu menonjolkan atau melebih lebihkan kualitas biar dianggap hebat.

Misalnya :

Promosi suatu Buku (ntah buku apa pun). Telah Terjual sebanyak 5.000 eksemplar dalam 3 minggu. 90% telah terjual. Padahal Buku nya aja dicetak hanya 4.000 eksemplar. kemudian, Jangankan terjual 90%, hingga 50% pun belum ada.

Mungkin bagi konsumen yang tidak tahu apa-apa pasti akan merasa, “wah, hebat..”. Padahal biasa saja.

Mau contoh lain..?

Biasanya terjadi pada Produk-produk elektronik. “Barang ini sangat berkualitas dan tahan lama. Harga murah”. Dengan gombalan yang bisa menyihir para pembeli, akhirnya banyak pembeli membeli barangnya.

Trus menipunya dimananya..?

Kita beli sekarang, Dua hari langsung rusak. Parah..!!

Itulah kenapa terkadang saya sedikit kesal dengan kelakuan para pelaku bisnis.

Tapi tahu kah Anda satu hal..?

Kualitas sesuatu Produk akan terus melekat bila mereka merasakan kualitasnya. Mereka akan dengan sendirinya menceritakannya kepada teman-teman dan saudara yang lain.

Karena itu saya selalu tekankan kepada rekan-rekan saya di SmartPro education,

Mari kita tunjukkan diri kita apa adanya. Yang Penting satu, “lakukan semuanya dari hati dan tulus.” Percaya atau tidak konsumen tahu dan merasakan apakah kita terlalu mengejar keuntungan atau tidak.

Mau contoh buktinya..?

Percaya atau tidak, hampir seluruh Murid atau siswa/i yang saya bina pasti kenal dengan saya, tidak cuma kenal nama saja, tapi kenal secara pribadi. Saya sering mengobrol dan sharing dengan murid. Ketika mereka lulus STAN, Banyak Orang tua langsung menghubungi saya mengajak traktiran (syukuran)..

asyikk….!! hhehehe..ternyata si anak telah panjang lebar bercerita kepada orang tuanya tentang diri saya. K’ rezky itu baik-lah, pinter – lah, dsb…(bukan sombong lho)..

Hal yang mendasar pada diri saya adalah saya senang dengan kegiatan mengajar. Saya sangat senang melihat murid yang begitu antusias bekerja keras untuk belajar demi lulus usm stan. Terkadang, demi mereka, saya bersedia untuk menjadi teman diskusi setiap saat dan kapan saja.

Karena itu, tidak heran kalo saya begitu dekat dengan murid/siswa..dan banyak yang menganggap saya sebagai kakak/abang mereka sendiri (jadi geer),

Akhirnya, Saya menyarankan bagi Anda Pelaku Bisnis untuk tetap Jujur, menampilkan diri apa adanya. Yang terpenting satu,” lakukan dengan Tulus”. Karena ketulusan itu akan membuat orang lain menghargai kita.

Percayalah, Dengan Ketulusan dari Hati, Bisnis Anda akan bertahan dalam jangka panjang. Sebaliknya, Bisnis yang dilakukan dengan berbohong, tidak akan pernah menjadi besar..

Tinggalkan Balasan

